D. Keadaan
Karyawan hotel
Sumber daya manusia yang di
miliki oleh hotel The Oberoi,Lombok di department Front Office tergolong telah
memenuhi persyaratan sebagai staff yang bekerja di Front office department.
Adapun
sumber daya manusia pada Hotel The Oberoi Lombok dapat di lihat dari tabel di
bawah ini:
Keadaan SDM Hotel The Oberoi Lombok pada Front Office Department:
No
|
Nama
|
Pendidikan
|
Jabatan
|
Pengalaman
Kerja
|
1.
|
Arman Suhendra
|
D3
|
Guest service executive
|
10
Tahun
|
2.
|
Komang Gusnata
|
D3
|
Senior Front Office Supervisor
|
18
Tahun
|
3.
|
Wira Asti Sandika
|
D3
|
Concierge and Reservation supervisor
|
3
Tahun
|
4.
|
NyomanAgus Darmawan
|
S1
|
Senior Airport representative
|
11
Tahun
|
5.
|
RatnaWijayanti
|
D3
|
Front office assistant
|
18
Tahun
|
6.
|
Agus Garjitha
|
D3
|
Front office assistant
|
12
Tahun
|
7.
|
Arwanto
|
S1
|
Front office assistant
|
4
Tahun
|
8.
|
Ketut Sukarya
|
D3
|
Front office assistant
|
3
Tahun
|
9.
|
Habib Ridwan
|
D3
|
Front office assistant
|
3
Bulan
|
10.
|
Sahwan
|
D3
|
Concierge
|
4
Tahun
|
Sumber: HR Department
Berdasarkan
tabel di atas, dapat di simpulkan bahwa komposisi staff yang berada di bagian
front office department sudah memadai dengan perbandingan jumlah kamar yang
ada.
E. Guest complaint di front office department
Dari
hasil himpunan data, dapat di uraikan bahwa keluhan tamu pada front office department yang terjadi pada
3 bulan terakhir bekaitan dengan Service
Complaint yaitu pada bulan september, oktober dan november sebagai beikut:
Service Complaint
Tanggal
|
Jenis keluhan
|
Objek
|
Solusi
|
06/09/15
|
Tamu tersebut kecewa
dengan staff concierge karena tamu
tersebut berkeinginan untuk memesan table
untuk romantic dinner di Hotel Lombok Lodge, akan tetapi staff concierge salah
mengerti dan ia pun membookingkan romantic
dinner itu di hotel, bukan di
lombok lodge.
|
Concierge
|
Meminta maaf ke tamu
atas kekeliruan yang telah terjadi dan memberikan compensasi berupa satu kali
gratis makan malam di hotel beserta satu botol local wine dan kartu
permohonan maaf di kirim ke kamar dengan gratis.
|
17/09/15
|
Tamu tersebut datang
dari gili dan meraka kecewa karena tidak menggunakan mobil hotel dan di handle sama agen lokal.
|
Airport
Representative
|
Meminta maaf kepada
tamu. Tamu tidak menggunakan service hotel.
|
28/09/15
|
Tamu tersebut kecewa
karna tidak di free upgrade ke kamar yang lebih bagus.
Tamu ini berharap untuk dapat kamar yang lebih bagus karena meraka honeymooner
|
Reservation
|
Menginfo ke Assistance Front Office Manager untuk di upgrade ke kamar yang lebih bagus.
|
27/09/15
|
Tamu tersebut memesan
beberapa perjalanan seperti ke gili, air terjun, kemudian naik kuda (cidomo)
serta memesan taxi untuk dinner di senggigi, tamu tersebut tidak menjelaskan
secara spesifik kenapa meraka mencentang tanda low mark di guest comment card.
|
Concierge
|
Meminta maaf atas
kesalahan yang telah di perbuat dan Menginformasikan kepada Assistance Front Office Manager untuk di tindak lanjuti.
|
30/09/15
|
Terlambatnya
penjemputan di pelabuhan lembar, memakan waktu lebih dari 20 menit dari
jadwal yang telah di tentukan.
|
Hotel Car
|
Meminta maaf atas
keterlambatan di karenakan ada kemacetan di jalan.
|
02/10/15
|
Tamu memesan
penjemputan menggunakan satu mobil,
akan tetapi tamu tersebut tidak menyebutkan kalau meraka empat orang, sehingga meraka pun berdesakan di mobil itu.
mobil hanya dapat menampung tiga orang serta empat barang koper besar di belakang. |
Hotel Car
|
Menginformasikan
kepada Assistance Front Office Manager untuk
menjelaskan case yang sebenarnya.
|
02/10/15
|
Tamu tersebut telah
memesan meja pada jam 10:30 malam akan tetapi meraka datang jam 11 malam,
staff restaurant menginformasikan
ke tamu bahwa last order jam 10:30 malam.Tamu tersebut kecewa karena meraka
di tolak untuk makan pada jam 11 malam di karenakan staff dapur telah pulang
padahal tamu tersebut ingin makan sedikit, akhirnya tamu tersebut mengambil room service .
|
Welcome at Hotel
|
Meminta maaf kepada
tamu dan menginformasikan ke Assistance
Food and Beverage Manager dan Chef Executive untuk di tindak lanjuti.
|
Berdasarkan dari
table di atas bahwa complaint yang terjadi di front office departement tersebut banyak
berkaitan dengan service yang di
berikan kepada tamu, Sehingga perlu adanya di lakukan pengarahan dan pelatihan
kepada semua karyawan khususnya pada front
office department untuk dapat penerapkan standart operational procedure dengan baik.
kalo jumlah kariyakan seluruhnya berapa paq
BalasHapus