A.
Bagian Front Office Department
Tugas
utama dari Front Office Department adalah menjual atau menyewakan kamar
kepada tamu. Front Office terdiri dari beberapa section, yaitu:
a. Reservation Section
yaitu seksi ini bertugas dan bertanggung jawab
melayani tamu terhadap pelayanan pemesanan kamar, memberikan konfirmasi kamar
dan mengontrol jumlah dan jenis kamar yang terjual dan yang belum terjual.
b. Reception Section yaitu
seksi yang bertugas melayani penerimaan kedatangan tamu perorangan,
rombongan dan tamu-tamu VIP (Very Important Person).
c. Concierge yaitu
section yang bertugas melayani penanganan barang-barang tamu, memberikan
penjelasan tentang informasi yang diperlukan tamu seperti penjelasan
mengenai fasilitas hotel, tempat-tempat berbelanja, tempat hiburan dan
lain sebagainya.
d. Telephone Operator
seksi ini bertugas melayani permintaan
sambungan telepon, baik lokal maupun interlokal, nasional maupun
internasional. Malayani permintaan wake-up call.
e. Front Office Cashier
yaitu bagian atau seksi yang bertugas
dan bertanggung jawab untuk menangani pembayaran bill tamu
ataupun dalam penukaran uang.
f.
Airport
& Harbor Representative yaitu seksi yang
bertugas dan bertanggung jawab menangani tamu yang check-in ataupun check-out
melalui bandara ataupun pelabuhan.
B. Departement dalam Hotel
Hotel terdiri dari beberapa departemen
yang memiliki hubungan atau kerjasama antara yang satu dengan yang lain.
Mengingat bahwa usaha jasa perhotelan tidak akan sanggup bertahan tanpa adanya kerjasama
di dalam organisasinya.
a) Front Office Department
adalah bagian yang bertugas dan bertanggung jawab menangani pemesanan kamar,
memberikan informasi kepada tamu, menangani penerimaan tamu, menangani barang
bawaan tamu, menangani pembayaran. Front Office sering diartikan sebagai
jantungnya hotel.
b) Housekeeping Department
adalah departemen yang bertugas dan bertanggung jawab menangani kebersihan,
kerapian dan kelengkapan kamar tamu, public area, ruangan kantor, menangani linen
hotel dan seragam karyawan, menangani pencucian dan menangani barangbarang tamu
yang hilang atau tertinggal (lost and found).
c) Food and Beverage
Department adalah bagian yang bertugas dan bertanggung jawab mengolah dan
menyiapkan makanan dan minuman serta menyajikannya kepada tamu.
d) Accounting Department
bertugas dan bertaggung jawab atas administrasi keuangan hotel baik pengeluaran
maupun pemasukan serta pembelian, pengadaan dan penerimaan barang.
e) Sales and
Marketing Department adalah bagian yang bertugas dan bertanggung jawab
memperomosikan hotel seperti kamar, restoran, banquet, wedding dan lain-lain
sesuai dengan target atau sasaran yang ingin dicapai.
f) Human
Resources Department adalah departemen yang memiliki tugas dan tanggung jawab
dalam hal penerimaan, penyeleksian, pengangkatan karyawan baru, selain itu
tugas dari HRD adalah mengadakan pelatihan dan menangani administrasi karyawan.
g) Engineering
Department bertugas dan bertanggung jawab atas pemeliharaan, perawatan dan
perbaikan sarana hotel seperti listrik, gas, dan alat-alat lainnya.
h) Security
Department adalah departemen yang bertugas dan bertanggung jawab menjaga,
mengawasi seluruh area hotel dan orangorang yang ada di dalamnya.
i) SPA Department adalah
bagian yang bertugas dan bertanggung jawab memberikan pelayanan perawatan
wajah, body treatment, salon, rekreasi dan olahraga seperti tenis dan mini
golf.
C. Hubungan Kerja Antara Front Office Department Dengan Departement Yang Lainnya
Hampir
semua jenis pekerjaan yang ada di hotel adalah kerja sama tim (team work). Front office department banyak di bantu department yang lain dalam
menjalankan tugasnya. Hal ini berhubungan dengan kenyataan bahwa pada dasarnya
konsentrasi operasional sebuah hotel berporos pada tamu. Hotel sedapat mungkin
memberikan layanan maksimal, tugas tidak dapat di bebankan pada satu department
saja, masing-masing saling terkait dan saling berhubungan. Bila mata rantai
hubungan ini terputus atau tidak terjalin baik, sudah dapat dipastikan
penyampain layanannya pun menjadi pincang.
a.
Housekeeping
Department
Housekeeping
department adalah department yang salah satunya di bagian hotel yang memiliki
tugas dan tanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian, pembersihan yang di
lakukan di area kamar, maupun di public area
serta lobby maupun di semua area hotel. Adapun hubungan kerja samanya
sebagai berikut:
a. Masalah
status kamar dan kebersihan kamar tamu
b. Masalah
room discrepancy (perbedaan status kamar)
c. Masalah
perpindahan kamar
d. Masalah
kedatanagan dan keberangkatan tamu
b.
Food
& Beverage Departement
Food
& Beverage Departement adalah department yang menyediakan makan dan minuman
bagi tamu. Beberapa hotel memiliki berbagai jenis restaurant dan menu makanan.
Adapaun hubungan kerjasamnya sebagai berikut:
a. Penyediaan
makanan dan minuman sesuai dengan tingkat hunian kamar.
b. Penanganan
meal cupon
c. Penanganan
minuman selamat datang (welcome drink)
d. Penanganan
daily buffet sehari-hari di coffe shop (untuk tamu rombongan yang
menggunaka fasilitas meal coupon)
c.
Personal
& Training Departement
Sumber
daya manusia yang merupakan investasi yang tidak habisnya bagi hotel. Pengelolaan
sumber daya manusia yang baik akan memberikan kontribusi keuntungan bagi hotel
di masa yang akan datang. Sedangakan Training department secara khusus bertugas memberikan pelatihan kepada karyawan
agar lebih trampil dalam bekerja. Adapun hubungan kerja samanya sebagai
berikut:
a. Penerimaan
karyawan baru
b. Mutasi,
promosi dan rotasi karyawan
c. Program
orientasi karyawan baru
d. Tour
to hotel
d.
Accounting
Departement
Accounting
Departement adalah bagian yang berhubungan dengan masalah keuangan hotel.
Adapun hubungan kerjasamanya sebagai berikut:
a. Menangani
masalah penagihan kartu kredit tamu yang belum terbayar
b. Masalah
jumlah tagihan tamu
c. Masalah remittance
of funds
d. Msalah
penanganan hotel revenue
e. Masalah
penggajian bulanan
e.
Engineering
Departement
Engineering
department adalah memiliki peran dalan pemeliharaan struktur bangunan deperti
listrik, dan mesin-mesin lainnya. Adapun hubungan kerja samanya sebagai
berikut:
a. Penanganan
kerusakan AC, toilet, ataupun alat elektronik yang lainnya.
b. Penanggulangan
kebakaran
c. Pembuatan
kunci duplikat (jika hotel tersebutmasih menggunakan kunci manual)
d. Menangani
working/memo order sehubungan
dengan kerusakan yang terjadi pada alat-alat di front office departement
f.
Security
Departement
Security
department adalah bagian yang bertugas dan bertanggung jawab akan ketertiban
dan keamanan di area hotel. Sebenarnnya seluruh karyawan mempunyai kewajiban
untuk menjaga keamanan para tamu yang menginap di hotel. Adapun hubungan
kerjasamanya sebagai berikut:
a. Menjaga
dan mengawasi kamar tamu yang akan di duga skipper
b. Melindungi
barang milik tamu.
c. Menicptakan
suasana aman kepada tamu, karyawan, dan pengunjung yang datang ke hotel.
d. Mencatat
plat kendaran bermotor yang masuk ke hotel khususnya yang mengantarkan tamu ke
hotel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar